Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, January 9, 2010

Populasi Dan Sampel

Exercise is good for you, doctors say, but most people really know very little about how to exercise properly. What do you know about exercise? Take this true-false test. You will probably be surprised


Populasi Dan Sampel Menurut Slovin

Populasi adalah wilayah generalisasi berupa subjek atau objek yang diteliti untuk dipelajari dan diambil kesimpulan. Sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi yang diteliti.
Pertanyaan dalam seringkali diajukan dalam metode pengambilan sampel adalah berapa jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian. Sampel yang terlalu kecil dapat menyebabkan penelitian tidak dapat menggambarkan kondisi populasi yang sesungguhnya. Sebaliknya, sampel yang terlalu besar dapat mengakibatkan pemborosan biaya penelitian.
Salah satu cara menentukan besaran sampel yang memenuhi hitungan itu adalah yang dirumuskan oleh Slovin yang diambil dari buku Drs. Husein Umar (2001 : 78), yaitu sebagai berikut:
 n =        N
          1 + N e2
Dimana :     n   =  Number of samples (jumlah/ukuran sampel)
                     N   =  Total population (ukuran/jumlah seluruh anggota populasi)
                     e    =   Error tolerance (batas toleransi kesalahan lazimnya 0,05)
Dalam menggunakan rumus Slovin, yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan menetapkan  taraf keyakinan atau confidence level (…%) akan kebenaran hasil penelitian,  atau taraf signifikansi toleransi kesalahan (0, …) terjadi.
Misalnya, taraf keyakinan 95%, yaitu yakin bahwa 95% hasil penelitian benar, atau taraf signifikansi 0,05 (hanya akan ada 5% saja kesalahan karena “kebetulan benar” terjadi).
Contoh: 
Sebuah perusahaan memiliki 1000 karyawan, dan akan dilakukan survei dengan mengambil sampel. Berapa sampel yang dibutuhkan apabila batas toleransi kesalahan 5%.
maka besarnya sampel menurut rumus Slovin ini akan menjadi:
n =      N
        1  + N e2
   =     1.000
       1 + 1.000 (0,05 
   = 285,71 » 286 orang.
Dengan demikian, jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 286 karyawan.


No comments: